Selasa, 21 Oktober 2014

Piranti Masukan ( input device )


JENIS PERANTI MASUKAN
            Peranti masukan( input device) merupakan perangkat keras komputer memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Dalam hal ini, dapat berupa huruf, angka, gambar,suara, audio-video, dan bahkan gerakan.

PERANTI PENGETIKAN
            Peranti pengetikan dapat dipergunakan untuk memasukan data ataupun perintah. Peranti yang paling umum dipergunakan dalam sistem komputer adalah keyboard. Peranti pengetikan lain adalah ATM ( Automated Teller Machine ) yang dipakai sebagai mesin pengambilan uang dan POS ( Point-of-Sale ) yang digunakan pada toko dan swalayan.
Keyboard
            Keyboard merupakan peranti pemasukan data yang yang dapat merubah huruf,angka ataupun kode lain menjadi isyarat yang dapat di proses komputer.Keyboard paling umum dipergunakan sebagai peranti pemasukan dan merupakan peranti yang paling lama dipergunakan setelah perkembangan komputer. Keyboard dari perkembangannya dibagi 2 :
·         Keyboard DVROAK
·         Keyboard QWERTY
Secara penelitian saat itu, susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi dunia saat itu dan mereka tidak mau menanggung resiko rush apabila mengganti ke susunan keyboard DVORAK.
ATM ( Automated Teller Machine )
ATM (Aoutomatik Teller Machine) atau yang biasa disebut anjungan mandiri biasa digunakan  dalam perbankan. Peranti ini memungkinkan kita trangambilan uang tunai.
POS ( Point-of-Sale )
            POS atau point - of- sale merupakan peranti yang digunkan pada tokoh – tokoh untuk memasukan data pembelian.
PERANTI PENUNJUK ( POINTING DEVICE )
            Peranti penunjuk digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul dilayar monitor. Saat ini, peranti penunjuk bnyak dimanfaatkan terutama pada aplikasi yang berbasis gambar, karena memilih perintah dengan peranti penunjuk lebih mudah dari pada harus mengiatkan perintah yang harus diketik lewat keyboard.
·         Mouse
·         Pointing stick
·         Touch pad
·         Joystick
·         Light pen

PENGAMBILAN GAMBAR TERFORMAT
Ada berbagai jenis peranti masukan yang dapat di pergunakan untuk mengambil citra terformat dalam arti bentuk atau format hurufnya sudah di tentukan.
Termasuk dalam katagori peranti ini adalah barcode reader, MICR, OMR, dan OGR.

PENGAMBILAN GAMBAR TIDAK TERFORMAT
            Pada perkembangan selanjutnya, diperlukan pengambilan citra atau gambar yang belum memilki format baku, untuk kemudian data digital di ambil.
Untuk keperluan pengambilan data tidak terformat ini ada berbagai jenis alat yang dapat dipergunakan termasuk dalam golongan ini yaitu  imege scener, kamera digital, membaca retina mata, dan pembaca sidik jari. Diantaranya :
·         Image scanner
·         Kamera digital
·         Pembaca retina mata
·         Pembaca sidik jari

Suara
Beberapa Jenis peranti yang digunakan untuk menangkap masukan berupa suara agar dapat diubah menjadi isyarat digital telah tersedia dipasaran.Penangkap masukan suara biasanya dilakukan melalui mikrofon (microphone) atau pesawat telepon,namun dalam perkembangannya muncul alat yang disebut Automatic Speech Recognition(ASR) yang terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat mengenali kata-kata manusia. Diantaranya :
·         Mikrophone
·         Automatic Speech Recognition (ASR)
·         Touchtone
Video
Untuk merekam citra bergerak,dipergunakan kamera video sebagai masukan komputer.Ada berbagai bentuk dari kamera video ini,mulai dari yang kecil tanpa kabel,yang dapat dipasang untuk mengawasi suatu area tertentu misal pada bank.
Kamera video(video camera recorder atau disingkat camcoder)dapat merekam citra yang bergerak.Karena gerakan merupakan isyarat analog,isyarat ini perlu diubah menjadi isyarat digital agar dapat dimasukan ke dalam komputer.Pengubahan ini dilakukan oleh kartu video capture yang dipasang pada komputer.Kamera video dapat merekam sampai 30 frame per detik sehingga dapat memberikan efek kontinyu pada gerakan citra.
Gerakan
Untuk memantau gerakan manusia,yang banyak dimanfaatkan pada virtual reality.dipergunakan peranti-peranti yang bernama glove,headset dan walker.
·         Headset
·         Glove
·         Walker

Sensor
            Sensor adalah peranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan.Data ini berupa data khusus yang langsung dimasukkan ke dalam komputer.Contoh pemanfaatannya yaitu pada pendeteksi gunung berapi,detektor kecepatan laju kendaraan di jalan raya,pada pesawat untuk mendeteksi perubahan angin yang mendadak.Pada kedokteran untuk mengukur suhu badan,dan juga untuk pengontrolan pada rumah tangga.Contoh penggunaan sensor untuk masukan dalam rumah tangga yaitu Hawkeye,yang dapat digunakan untuk memantau kehadiran orang melalui panas badan dan gerakan.Selanjutnya,masukan ini dapat digunakan untuk menjalankan suatu makro yang telah anda siapkan,misalnya untuk menyala-matikan lampu secara otomatiks pada saat ada seseorang masuk atau keluar dari ruangan.Alat ini juga bisa digunakan untuk mengatur AC,memutar lagu,dan lain-lain secara otomatis.
Radio Frequency Identification Device (RFID)
            RFID adalah peranti yang memanfaatkan gelombang radio untuk mengirimkan data dari sesuatu yang ditempeli RFID tersebut ke peranti pelacak RFID.RFID memiliki kelebihan dalam hal keamanan,karena perantinya sulit dipalsukan.Selain itu,peranti RFID tidak memerlukan media kabel penghubung dan tidak memerlukan area lurus bebas pandang,sehingga sangat sesuai untuk memonitor sesuatu yang bergerak.RFID dapat memantau sesuatu dengan radius yang ervariasi tergantung kepada kekuatan pemancarnya
Contoh penerapan RFID adalah sebagai berikut:
1.penarikan biaya tol secara elektonis dan otomatis
2.pengidentifikasian dan melacak jaluur kereta
3.pemantauan transportasi truk kontainer
4.aplikasi pengelolaan kesehatan dan logistik
5.pengidentifikasi hewan
6.pelumpuhan mobil untuk alasan keamanan
7.otentikasi dokumen
           
Pembaca Kartu Magnetik
            Kartu magnetik berbentuk seperti kartu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetik.Pada pita magnetik inilah data tertentu dapat diletakkan.Data yang ditempatkan pada pita ini dapat berupa nomor induk pegawai,identitas bank dan nomor rekening nasabah, dan lain-lain.Dengan menggunakan pembaca kartu magnetik (magnetic card reader atau MCR).data pada pita tersebut dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer.Contoh penggunaan kartu magnetik adalah pada kartu ATM.Pada mesin ATM inilah terdapat pembaca kartu magnetik.
Pembaca Kartu Cerdas
            Smart card (kartu cerdas) adalah sebuah komputer berukuran kecil karena dilengkapi dengan chip yang mengandung prosesor,RAM dan ROM, dan bahkan sistem operasi dengan keamanan yang sangat tinggi.Di Indonesia kartu cerdas dipakai antara lain untuk kartu telepon prabayar dan kartu kredit.
Pembaca Kode QR
            Kode QR (berasal dari “Quick Response”) adalah barcode dua dimensi yang banyak digunakan ditempelkan di dalam sebuah produk contoh pada majalah,koran dsb.Kode ini awalnya digunakan di industri otomatif di Jepang.Kode QR dapat menampung hingga 4296 karakter dan distandarisasi di bawah ISO18004
            Beberapa situs web menyediakan fasilitas untuk membentuk kode QR,misalnya www.qrstuff.com.Adapun untuk membaca kode QR,ponsel bisa dimanfaatkan.Program untuk membaca kode QR bisa diunduh salah satunya di play store seperti Barcode Scanner dan NeoReader.






3 komentar: