MULTIMEDIA
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan
media berarti media atau perantara. Multimedia adalah sebuah media dan
konten yang menggunakan kombinasi bentuk konten yang berbeda. Istilah
ini dapat digunakan sebagai kata benda (sebuah media yang berisi
gabungan dari beberapa bentuk konten) atau sebagai kata sifat yang
menggambarkan media yang memiliki beberapa bentuk konten. Istilah ini
berbeda dengan media yang hanya menggunakan bentuk-bentuk tradisional
dari bahan cetak atau produksi tangan. Multimedia termasuk kombinasi
bentuk konten dari teks, audio, gambar diam, animasi, video, dan
interaktivitas. Dengan kata lain, multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan
video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna
dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.
1. Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media (teks,
audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam
menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia
seperti video, audio, musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga
dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang
memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics,
animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan
komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
o Media teks/tulisan
o Media audio/suara
o Media video
o Media animasi
o Media gambar
o Media Interaktif
o Media spesial effect
2. Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti
televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan /
menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan, publikasi,
entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang
digunakan adalah :
o TV
o Radio
o Film
o Media Cetak
o Musik
o Game
o Entertainment
o Tutorial
o Internet
Dengan penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi lebih
menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut.
Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang dikeluarkan
oleh Computer Technology Research (Hofstetter, p4) bahwa seseorang hanya
akan mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang
mereka dengar. Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% dari
apa yang mereka lihat dan dengar, sampai 80% dari apa yang mereka lihat,
dengar dan berinteraksi dengan pada waktu yang sama.
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli
1. Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video.
2. McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks.
3. Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari
paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio
(suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
4. Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan
presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio dan video.
5. Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya
sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah
sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi
waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud
dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya
tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
6. Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks,
gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau
alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
VIRTUAL REALITY
Definisi Virtual Reality
Virtual Reality adalah suatu teknologi yang dapat mengizinkan pengguna
untuk berinteraksi dengan lingkungan simulasi komputer baik itu
berdasarkan objek nyata maupun imajinasi. Dengan manggunakan teknologi
Virtual Reality perusahaan dapat dengan mudahmengumpulkan reaksi
konsumen terhadap rancangan mobil baru, tata letak interior rumah,
eksterior rumah, dan tawaran potensial yang lainnya (Philiph Kotler).
VRML merupakan kepanjangan dari Virtual Reality Modeling Language.VRML
sendiri adalah suatu format komputer yang dapat menjelaskan object 3
dimensi untuk digunakan secaraonline maupun off line. VRML memiliki
kemampuan menampilkan object 3 dimensi statis maupun dinamis dan object
multimedia melalui hyperlink seperti text, suara, gambar, dan film.
Berdasarkan badan standarisasi internasional atau ISO, VRML memiliki dua
standard.Bagian pertama merupakan (ISO/IEC 14772-1) yang menerangkan
tentang fungsi-fungsi standard dan text encoding pada bahasa pemrograman
VRML.Bagian kedua ialah (ISO/IEC FDIS 14772-2)yang menerangkan tentang
fungsi-fungsi standard dan semua penggabungan VRML dengantata muka
eksternal.
Aplikasi Virtual Reality
Salah satu contoh aplikasi virtual reality yang digunakan pada saat ini
yaitu dalam bidang militer. Virtual reality dipakai untuk melakukan
simulasi latihan perang, simulasi latihan terjun paying dan sebagainya.
Dimana dengan pemakaian teknologi ini bisa lebih menghemat biaya dan
waktu dibandingkan dengan cara konvensional.
a. Sistem Virtual Reality
Beberapa sistem virtual reality canggih yang sekarang digunakan meliputi
informasi sentuh, biasanya dikenal sebagai umpan balik kekuatan pada
aplikasi berjudi dan medis. Pemakai dapat saling berhubungan dengan
suatu lingkungan sebetulnya atau sebuah artifak maya baik melalui
penggunaan alat masukan baku seperti papan ketik dan tetikus, atau
melalui alat multimodal seperti sarung tangan terkabel, polhemus boom
arm, dan ban jalan segala arah. Dalam praktek sekarang ini sangat sukar
untuk menciptakan pengalaman realitas maya dengan kejernihan tinggi
karena keterbatasan teknis atas daya proses, resolusi citra, dan lebar
pita komunikasi. Bagaimanapun, pembatasan itu diharapkan untuk
secepatnya diatasai dengan berkembangnya pengolah, pencitraan, dan
teknologi komunikasi data yang menjadi lebih hemat biaya dan lebih kuat
dari waktu ke waktu.
b. Teknologi Virtual Reality
Morton Heilig menulis pada tahun 1950 tentang “Teater Pengalaman” yang
dapat meliputi semua indera dengan suatu cara efektif, sehingga menarik
penonton ke dalam kegiatan di layar. Ia membangun suatu prototipe dari
visinya yang dinamakan Sensorama pada 1962, bersama dengan lima film
pendek untuk dipertunjukkan didalamnya dengan melibatkan berbagai indera
(penglihatan, pendengaran, penciuman, dan sentuhan). Mendahului
komputasi digital. Sensorama adalah sebuah alat mekanis yang dilaporkan
masih berfungsi hingga hari ini. Pada tahun 1968, Ivan Shuterland dengan
bantuan dari siswanya bernama Bob Sproull menciptakan apa yang secara
luas dianggap sebagai pendahulu dari virtual reality dan sistem “Display
Terjulang di Kepala Reality Augmentet”. Alat itu primitif baik dalam
kaitan dengan alat penghubung pemakai dan realisme dan HMD untuk
dikenakan oleh pemakai sangatlah berat sehingga harus digantungkan.
Grafiknya berisikan lingkungan maya yang merupakan sebuah wireframe
sederhana. Penampilan alat yang hebat mengilhami namanya, Pedang
Damocles yang terkenal diantara hypermedia. Teknologi virtual reality
yang lebih awal adalah PetaBioskop Aspen, yang diciptakan oleh MIT pada
tahun 1977. Programnya adalah suatu simulasi kasar tentang kota Aspen di
Colorado. Di sana para pemakai bisa mengembara dalam salah satu dari
tiga gaya yaitu musim panas, musim dingin, dan poligon. Dua hal pertama
tersebut telah didasarkan pada foto dan mdash karena para peneliti
benar-benar memotret tiap-tiap pergerakan yang mungkin melalui pandangan
jalan kota besar pada kedua musim tersebut danmdash, dan yang ketiga
adalah suatu model dasar 3D kota besar. Di penghujung 1980
istilah”Virtual Reality” telah dipopulerkan oleh Jaron Lanier, salah
satu pelopor modern dari bidang tersebut. Lanier yang telah mendirikan
perusahaan VPL Riset pada tahun 1985, yang mengembangkan dan membangun
sistem “kacamata hitam dan sarung tangan” yang terkenalpada dasawarsa
itu.
Contoh dan Latihan VRML
VRML merupakan kepanjangan dari Virtual Reality Modeling Language. VRML
sendiri adalah suatu format komputer yang dapat menjelaskan object 3
dimensi untuk digunakan secara online maupun off line. VRML memiliki
kemampuan menampilkan object 3 dimensi statis maupun dinamis dan object
multimedia melalui hyperlink seperti text, suara, gambar, dan film.
Berdasarkan badan standarisasi internasional atau ISO VRML memiliki dua
standard. Bagian pertama merupakan (ISO/IEC 14772-1) yang menerangkan
tentang fungsi-fungsi standard dan text encoding pada bahasa pemrograman
VRML. Bagian kedua ialah (ISO/IEC FDIS 14772-2)yang menerangkan tentang
fungsi-fungsi standard dan semua penggabungan VRML dengantata muka
eksternal.
Virtual Reality Security pada Robot
Perkembangan virtual reality didunia ini baru sampai pada tahap dunia,
sebetulnya adalah suatu lingkungan yang ditirukan berbasis-komputer
berniat untuk para pemakainya untuk tinggal/menghuni dan saling
berhubungan via avatars. Tempat tinggal ini yang pada umumnya diwakili
dalam wujud dua atau three-dimensional penyajian humanoid grafis (atau
text-based atau grafis lain avatars). Beberapa, tetapi tidak semua,
dunia sebetulnya mempertimbangkan berbagai para pemakai. Dunia menjadi
computer-simulated secara khas nampak serupa kepada dunia nyata, dengan
dunia nyata [atur/perintah] seperti gaya berat, topografi, daya
penggerak, real-time tindakan dan komunikasi. Komunikasi telah, sampai
baru-baru ini, dalam wujud teks tetapi sekarang real-time menyatakan
komunikasi yang menggunakan VOIP ada tersedia. dunia Sebetulnya jenis
ini kini [yang] paling umum di (dalam) secara besar-besaran a
multiplayer game online (Dunia Aktip, Citypixel, Vios, [Di/Ke] sana, Ke
dua LifeAlthough bukan game, yang didalam(dirinya), tetapi lebih seperti
lingkungan sebetulnya yang dapat meliputi gaming Entropia Alamsemesta,
Sims Online, Lampu merah Pusat, Kaneva, Weblo), [yang] terutama sekali
secarabesar-besaran a multiplayer memainkan peranan game online seperti
Everquest, Ultima Online, Garis keturunan, Dunia Warcraft, Runescape
Yang Adventure Quest atau Serikat sekerja.
Penggunaan Multimedia dan Virtual Reality
Area Bisnis
Menggunakan voice mail dan video conferencing pada jaringan LAN dan WAN.
Pada presentasi ditambahkan audio dan klip video.
Pada training : melalui simulasi, seorang mekanik belajar perbaiki mesin, mengetahui pembuatan baja.
Pada database : penangkapan gambar oleh kamera video dapat dibuat ID pegawai dan database.
Termasuk juga : pemasaran, periklanan, demo produk, dll.
Area Pendidikan
Multimedia pendidikan mengenai ilmu alam / sosial pada laserdisk.
Multimedia belajar membaca pada anak-anak 3-8 tahun (berhitung, bahasa Inggris).
Multimedia pada kedokteran mengenai anatomi tubuh manusia dan mendiagnosa penyakit mata, dll.
Di Rumah Tangga
Permainan sega / atari dimana mesinnya dapat dihubungkan ke TV.
Kumpulan resep masakan untuk ibu-ibu.
Foto-foto keluarga dan aktifitas yang dilakukan keluarga direkam pada CD.
Di Tempat Umum
Kios / terminal stand-alone yang dapat memberi informasi, contoh : kios
di hotel menyediakan daftar restoran, peta kota, jadwal pesawat, dll.
Kios di museum untuk memandu pengunjung dalam suatu pameran, informasi detail mengenai setiap pameran.
Pada Virtual Reality
Presentasi suatu proyek tata kota yang dilaksanakan misalkan, dapat
dilakukan dengan pembuatan model sehingga seolah-olah orang menelusuri
jalan, bangunan, taman, dll.
Digunakan juga pada aplikasi pariwisata, pelestarian budaya dan sejarah.
Misalkan, suatu bangunan yang sudah hancur / tak ada, museum dan yang
lain dapat dibuat dengan pemodelan 3D berdasarkan dokumentasi sejarah
dari perpustakaan.
Pada Teknologi Internet
Berbagai macam aplikasi multimedia dalam internet yang biasa disebut
MoIP (Multimedia over Internet Protocol) seperti chatting, e-learning,
videoconference, game, dll.
Bila aplikasi di internet menggunakan database, diperlukan script yang
dapat mengakses database di server seperti ASP (Active Serves Pages),
CGI / Perl, PHP dan JSP (Java Serves Pages).
AUGMENTED REALITY
Secara umum, Augmented reality adalah
penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata. Sebagai contoh,
adalah saat stasiun televisi,menyiarkan pertandingan sepak bola,
terdapat objek virtual, tentang skor pertandingan yang sedang
berlangsung.Menurut Ronald Azuma pada tahun 1997, Augmented Reality adalah menggabungkan dunia nyata dan virtual, bersifat interaktif secara real time, dan merupakan animasi 3D. Sejarah tentang Augmented Reality
dimulai dari tahun 1957-1962, ketika seorang penemu yang bernama Morton
Heilig, seorang sinematografer, menciptakan dan memapatenkan sebuah
simulator yang disebut Sensorama dengan visual, getaran dan bau. Pada
tahun 1966, Ivan Sutherland menemukan head-mounted display yang dia
claim adalah, jendela ke dunia virtual.
Tahun 1975 seorang ilmuwan bernama Myron Krueger menemukan Videoplace
yang memungkinkan pengguna, dapat berinteraksi dengan objek virtual
untuk pertama kalinya. Tahun 1989, Jaron Lanier, memeperkenalkan Virtual
Reality dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya,
Tahun 1992 mengembangkan Augmented Reality untuk melakukan perbaikan
pada pesawat boeing, dan pada tahun yang sama, LB Rosenberg
mengembangkan salah satu fungsi sistem AR, yang disebut Virtual
Fixtures, yang digunakan di Angkatan Udara AS Armstrong Labs, dan
menunjukan manfaatnya pada manusia, dan pada tahun 1992 juga, Steven
Feiner, Blair Maclntyre dan dorée Seligmann, memperkenalkan untuk
pertama kalinya Major Paper untuk perkembangan PrototypeAR.
Pada tahun 1999, Hirokazu Kato, mengembangkan ArToolkit di HITLab dan
didemonstrasikan di SIGGRAPH, pada tahun 2000, Bruce.H.Thomas,
mengembangkan ARQuake, sebuah Mobile Game AR yang ditunjukan di
International Symposium on Wearable Computers.
Pada tahun 2008, Wikitude AR Travel Guide, memperkenalkan Android G1
Telephone yang berteknologi AR, tahun 2009, Saqoosha memperkenalkan
FLARToolkit yang merupakan perkembangan dari ArToolkit. FLARToolkit
memungkinkan kita memasang teknologi AR di sebuah website, karena output
yang dihasilkan FLARToolkit berbentuk Flash. Ditahun yang sama,
Wikitude Drive meluncurkan sistem navigasi berteknologi AR di Platform
Android. Tahun 2010, Acrossair menggunakan teknologi AR pada I-Phone
3GS.
Augmented
reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya
tersebut dalam waktu
nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan
kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Benda-benda
maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan
inderanya
sendiri.
Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk
membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang
ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan
dalam dunia nyata.Realitas
tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain
digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah
diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti
pada telepon genggam.
Daftar pustaka :
http://elektroengineering.blogspot.com/2013/03/pengertian-multimedia.html
http://firmanabd.blogspot.com/2012/12/multimedia-dan-virtual-reality.html
http://cahyaruh.blogspot.com/2013/06/makalah-augmented-reality.html
Senin, 15 Desember 2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar